KBM dan Ekskul SDIT Al Furqon

Posted by on Mar 10, 2013 in News | 2 comments

A. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Setiap hari, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai sejak pukul 06.45 sampai 16.00. Selain shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar juga dilaksanakan di mushalla sekolah dengan berjama’ah. Layaknya pesantren, setelah shalat dzuhur bejama’ah, acara kultum yang diisi oleh siswa dan guru kerap wanghiasi kegiatan shalat berjama’ah. Berikut urutan durasi waktu dalam KBM atau kegiatan harian siswa di SDIT AL FURQON.
1. Hafalan kosa kata Baru Bahasa Arab dan Inggris (06.45 – 07.10)
Setiap hari, sebelum masuk kelas masing-masing, siswa-siswi menghafal dua kosa kata Bahasa Arab dan Inggris. Logikanya, bila per hari menghafal dua kosa kata, maka dalam setahun mereka mampu menghafal sekitar 330 kosa kata (merujuk pada hari efektif belajar. Itu tandanya selama enam tahun mereka mampu memnghafal sekitar 2.000 kosa kata. itu belum termasuk kosa kata yang dipelajari dan dihafal dalam masing-masing pelajaran. Semoga kami tetap bisa istiqamah!
2. Mutaba’ah amal yaumi
Sebelum masuk kelas, setiap ketua kelas akan mendata mutaba’ah amal yaumy (evaluasi amal harian). Setiap siswa mempunyai catatan evaluasi masing-masing. Seperti shalat lima waktu, kerapihan, shalat sunnah, puasa sunnah, dan lain-lain.
3. BrianStorming (07.15 – 07.30)
Tepat setelah melaksanakan shalat dhuha, setiap wali kelas dan asistennya melakukan brian storming sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk pembinaan akhlak dan mental secara khusus. Materi yang diberikan melipui pendidikan akhlak, fiqih, siroh nabawi dan sahabat,hafalan hadits, dan lain-lain.
4. Proses KBM (07.30 – 16.00)
5. Muroja’ah hafalan bersama (14.30 – 15.00)
6. Shalat berjama’ah
Dewan guru dan seluruh siswa melaksanakan shalat berjama’ah setipa dzuhur dan ashar di mushalla sekolah. Termasuk shalat jum’at. Selepas shalat berjama’ah merupakan ajang untuk praktek pidato bagi siswa-siswi yang mengikuti ekskul pidato.

Hafalan kosa kata dua bahasa. Arab dan Inggris SDIT AlFurqon

Hafalan Kosa Kata Baru – Setiap hari, sebelum masuk kelas masing-masing, siswa-siswi menghafal dua kosa kata Bahasa Arab dan Inggris. Analoginya, bila per hari adalah dua kosa kata, maka dalam setahun mereka mampu menghafal sekitar 330 kosa kata (merujuk pada hari efektif belajar. Itu tandanya selama enam tahun mereka mampu memnghafal sekitar 2.000 kosa kata. Belum termasuk kosa kata yang dipelajari dan dihafal dalam masing-masing pelajaran.

Brianstorming SDIT AlFurrqon

BrianstormingSebuah refleksi bernuansa Islami yang disampaikan oleh wali kelas dan asistennya. Berdurasi sekitar 10-15 menit sebelum pelajaran dimulai. Materi yang disampaikan seputar akhlaqul karimah dan kisah-kisah Islami. Setelah shalat dhuha, tentunya

Dhuha + Study English Language (Pekan Bahasa Inggris)

Dhuha + Study English Language
{Pekan Bahasa Arab-Inggris}
-Dhuha + English Learning, itulah kiranya kegiatan yang menghiasi Selasa pagi di sebuah gedung lantai empat – Musholla Al Furqon.
Setiap hari Selasa para siswa dibimbing langsung oleh dewan guru untuk melaksanakan shalat dhuha yang dilanjutkan dengan program ‘Pekan Bahasa Inggris.’ Adapun Pekan Bahasa Arab, kami gelar setiap Jum’at pagi, setelah shalat dhuha. Di sini, belajar Bahasa Inggris dibuat begitu mudah, renyah (Macem biscuit aja yach, hehe), dan menyenangkan – Easy and Fun 🙂
Bila setiap hari para siswa menghafal dua kosa kata, maka hari Selasa dan Jum’at adalah follow-up atau tindak lanjut dari hafalan tersebut. Melalui program ini, belajar Bahasa Inggris diformula dengan metode yang sangat aplikatif. Mengedepankan praktek dengan menguraikan berbagai vocabulary (kosa kata) menjadi beberapa percakapan sehari-hari dan dan kalimat-kalimat sederhana. Mengedepankan grammar atau tata bahasa adalah kunci utama dari program ini. Sehingga, para siswa mampu mendalami Bahasa Inggris dalam bentuk tulisan dan lisan. Ini adalah salah satu cara kami dalam menerapkan dua Bahasa Asing, Arab dan Inggris.

Proses KBM

Beginilah salah satu proses berjalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDIT Al Furqon

Muroja'ah hafalan bersama SDIT AlFurqon

Muroja’ah hafalan bersama
Setiap hari semua siswa me-muroja’ah hafalan mereka dengan dibimbing oleh wali kelas dan guru tahfidz masing-masing. Hal ini bertujuan untuk MENGUATKAN hafalan mereka. Sehingga para siswa memiliki hafalan yang mutqin / kuat. Semoga!

Sholat dzuhur berjama'ah

Sholat dzuhur berjama’ah

Muroja'ah hafalan bersama SDIT AlFurqon

Muroja’ah hafalan bersama
Setiap hari semua siswa me-muroja’ah hafalan mereka dengan dibimbing oelh wali kelas dan guru tahfidz masing-masing. Hal ini bertujuan untuk MENGUATKAN hafalan mereka. Sehingga para siswa memiliki hafalan yang mutqin / kuat. Semoga!

B. Ekstrakurikuler
SDIT Al Furqon memfasilitasi berbabai ekstrakurikuler. Mengingat banyaknya minat dan bakat setiap siswa. Kecuali robotik, semua kategori ekstrakurikuler kami gratiskan. Semua siswa wajib mengikuti minimal satu kategori ekskul sesuai keinginan dan bakan siswa. Bahkan setiap siswa diperbolehkan mengikuti lebih dari satu ekskul. Semua kategori ekstrakurikuler meliputi : Tahfidz, Pencak silat, futsal, melukis, kaligrafi, pidato tiga Bahasa ( Arab, Indonesia, dan Inggris), menulis, nasyid, dan menari.

Ekskul Tahfidz SDIT Al Furqon

Ekskul Tahfidz – Untuk menambah ‘daya gedor’ dan amunisi yang dimiliki Al Furqon, maka ekskul tahfidz pun terus dieksiskan. Fokus utamanya adalah penguatan program hafalan 5-10 juz bagi siswa berprestasi dan sarana ampuh bagi siswa yang ingin mengembangkan prestasinya di bidang tahfidz. Semoga ekskul ini menebar berbagai manfa’at!

Ekskul Robotik

Ekskul Robotik

Ekskul Silat SDIT AlFurqon Jakarta

Ekskul Silat
Pertunjukan Ihsan dan Azam saat menyambut tamu tim supervisor akreditasi. Aksi keduanya menuai decak kagum semua mata yang tertuju padanya. Mereka adalah binaan Bapak Asep Hidayat selaku koordinator ekskul silat.

Ekskul Cerpen

Ekskul Cerpen
Jika dunia kepenulisan di Indonesia sudah ‘unjuk kebolehan,’ maka kami pun termotivasi untuk mencetak calon-calon penulis terkenal layaknya Asma Nadia, Habiburrahman El Shirazy, dan masih banyak lagi.
Mereka adalah para juara lomba menulis cerpen. Dari kanan: Rania (V), Jihan (V), Amel (VI), Afifah S (VI), Nabila Z (VI), dan Mardhiyah (VI). semoga mereka – siswa-siswi kami menjadi para penulis yang sukses!

Ekskul Nasyid SDIT Al Furqon

Ekskul Nasyid – yang diselenggaran setiap hari Kamis ini selalu tampil dalam berbagai acara besar SDIT Al Furqon. Seperti Wisuda Kelas Enam, Parenting, Al Furqon Expo, dan lain-lain.

Diantara karakter seorang siswa adalah hidup mandiri dan mempunyai skill atau kemampuan di dalam berbagai bidang. Maka untuk mengasah kemampuan tersebut, SDIT Al Furqon mengeksekusinya dengan sebuah program yang bernama 'Life Skill' yang mencakup berbagai aktivitas. Diantaranya membuat kerajian tangan dan aneka hidangan.

Life Skill – Diantara karakter seorang siswa adalah hidup mandiri dan mempunyai skill atau kemampuan di dalam berbagai bidang. Maka untuk mengasah kemampuan tersebut, SDIT Al Furqon mengeksekusinya dengan sebuah program yang bernama ‘Life Skill’ yang mencakup berbagai aktivitas. Diantaranya membuat kerajian tangan dan aneka hidangan.

Pidato dua bahasa. Arab-Indonesia

Ekskul Pidato Dua Bahasa – Pada acara Al Furqon Expo, Amel (VI) yang saat itu masih kelas lima, menyampaikan sebuah pidato berbahasa Indonesia. Sementara Aisyah Kamelia (VI) menyampaikan pidato dengan Bahasa Arab. Setiap hari Jum’at, ekskul pidato ini dilaksanakan. Untuk prakteknya, mereka tampil pada acara kultum selepas shalat dzuhur, acara-acara yayasan, dan berbagai perlombaan. Ada tiga bahasa pilihan. Yaitu Bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. Selain berusaha mencetak hafidz-hafidzah, Al Furqon juga fokus dalam mencetak da’i – da’iyah yang suatu saat mereka dituntut untuk ber-kontribusi di jalan dakwah. Keahlian di bidang pidato adalah salah salah satu metode dakwah yang sangat urgent. Maka, jadikanlah mereka menjadi muslimin/muslimat yang multi talent, Ya Robb!

2 Responses to “KBM dan Ekskul SDIT Al Furqon”

  1. hebat..ALllahu akbar

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *