Kegiatan Dewan Guru SDIT Al-Furqon

Posted by on Jan 24, 2013 in Blog Guru, News | 2 comments

Selain mengajar, guru juga aktif melibatkan diri dalam berbagai kegiatan lain yang dapat menunjang suksesnya peroses Kegiatan Belajar Mengajar. Berkembang atau tidaknya sebuah lembaga pendidikan ditentukan oleh peran pimpinan dan guru-gurunya. Perlu kita garis bawahi, mereka berperan bukan bertujuan untuk memenuhi tuntutan sekolah semata. Ada berbagai nilai luhur di balik itu semua. Yang tentunya bermuara pada satu pangkal. Yaitu ibtigha’an limardhatillah atau mengharap ridha Allah. Panjang sekali bahasan tentang keutamaan mengajar. Sampai-sampai Baginda Muhammad SAW pun bersabda:

اِنَّمَا بُعِثْتُ مُدَرِّسٌ

Yang artinya: “Sesungguhnya aku diutus untuk menjadi pendidik/guru” (Al hadits).

So, mari kita intip, apa saja kegiatan guru-guru SDIT Al Furqon selain mengajar. Bergudang kegiatan tentu sudah akrab menemani keseharian mereka. Berikut ini adalah sebuah galeri yang memuat beberapa kegiatan mereka di SDIT Al Furqon.

 

Para Juara Cerdas Cermat dan Lomba Matematika Tingkat Guru :)

Para Juara Cerdas Cermat dan Lomba Matematika Tingkat Guru
Alhamdulillah, dari tujuh kategori yang diikuti, guru dan siswa-siswi SDIT Al – Furqon meraih 6 gelar juara. satu gelar diraih oleh Ibu Desty Herawaty.Menjadi juara dalam berbagai event dapat diartikan sebagai nilai plus dalam berjalannya proses KBM. Bukan untuk dirayakan, apalagi disombongkan. Tetapi semua itu patut kita syukuri. Analoginya, seperti seorang petani yang menanam padi. Ketika musim panen tiba, selain memanen padi, ia akan mendapatkan rumput, belut, ikan, dan lain-lain. Itulah kekuatan sebuah event dalam belajar. Bukan tujuan utama, tapi ia sangat menghiasi dan memotivasi. Termasuk aplikasi dari makna sportifitas, melatih persaingan dalam hal yang positif, sekaligus menghibur. 🙂
Well, teruslah berprestasi! 

Wisuda kelas VI angkatan XI SDIT Al Furqon Jakarta

Wisuda kelas VI angkatan XI
Setiap tahun, kurang lebih 33 siswa lulus dari SDIT Al Furqon Jakarta. Dari tangan dingin guru-guru yang berhati mulia, mereka mendapatkan pondasi agama yang mesti dipegang kokoh sampai kapan pun.
Seperti yang kita yakini, menjadi guru bagaikan berbisnis Multiple Marketing (MLM). Bagai mana tidak, setiap kebaikan atau ilmu yang diajarkan di lingkungan sekolah, otomatis akan diajarkan pula oleh para anak didiknya kelak. Kemudian generasi berikutnya mengajarkan lagi ke generasi berikutnya, hingga hari kiamat tiba. Dan sebagai guru, sungguh sangat patut untuk bersyukur, karena Ia akan mendapatkan pahala dari jutaan umat manusia yang mengamalkan dan mengajarkan setiap ilmu yang diajarkan semasa hidupnya. Itulah pahala ilmu yang bermanfa’at, yang dijanjikan baginda Nabi Muhammad SAW. Ketika sudah menjadi penghuni alam kubur pun, tabungan pahala itu akan terus bertambah seiring bertambahnya jiwa-jiwa yang mengamalkan dan mengajarkan setiap ilmu dan kebaikan yang sempat diajarkannya.
“Allahummaj ‘alnaa min ahli jannatikal a’la!”
Amin….!

 

Foto bersama setelah berjalannya proses akreditasi

Sebagian Tim akreditasi SDIT Al Furqon berfoto bersama setelah selesainya proses supervisi akreditasi. Walhamdulillah, SDIT Al Furqon mendapatkan nilai A (Sangat Baik).

Proses berjalannnya supervisi akreditasi SDIT Al Furqon

Proses berjalannnya supervisi akreditasi SDIT Al Furqon. Tampak Kepala Sekolah, Bendahara, dan Tata Usaha (TU) Sekolah sedang menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan supervisor. Bukti fisiknya mana, pak….?
😀 🙂 😀

Al Furqon Expo

Al Furqon Expo

Dewan Guru SDIT Al Furqon - Seminar Parenting

*Seminar Parenting*
Ini adalah seminar tentang parenting. Para peserta mayoritas berasal dari kalangan wali murid, pemerintah, dan warga sekitar SDIT Al Furqon. Bukti bahwa antara sekolah, wali murid, dan warga sekitar mempunyai hubungan erat.
Selain untuk menjalin silaturahmi, ajang yang dilengkapi dengan bazar ini memiliki tujuan utama, yaitu ajang untuk menambah wawasan para wali murid. Sehingga ada kerja sama antara sekolah dengan wali murid dalam mendidik siswa. Yang pada intinya, sekolah dan wali murid mempunyai tanggung jawab yang sama – MENDIDIK. Dengan demikian, siswa akan selalu mendapatkan bimbingan berupa pendidikan, kapan pun dan dimana pun. Inilah usaha kami dalam mendidik. Selebihnya hanya Alloh SWT yang mampu memberikan hasil terbaik.

Pelatihan Guru SDIT Al Furqon

Pelatihan Guru SDIT Al Furqon
Berbagai pelatihan untuk guru-guru rutin dilaksanakan sekolah setiap pertengahan dan akhir semester. Bertujuan untuk menambah wawasan dan kualitas para guru. Sehingga mereka semakin profesional dalam mendidik para siswa. Dan ini adalah gambar saat pelatihan ‘Hypno Teaching.’
Pemimpin dan guru-guru yang seolah tak pernah kehilangan jiwa semangat. Barokallahu fikum!

Para Juara Cerdas Cermat dan Lomba Matematika Tingkat Guru

Tiada yang yang mampu membahagiakan hati seorang guru melebihi kesuksesan para muridnya kelak dan berkumpul bersama di surga-Nya yang abadi. Semoga!
Amin ya Robbal ‘alamin….!

 

2 Responses to “Kegiatan Dewan Guru SDIT Al-Furqon”

  1. JIHAN AS-SAAJIDAH USMAN says:

    assalamualaikum wr wb
    pak / ibu foto yang ke jogja belum dimasukan…????

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *