Mukhoyyam Qur’an, Melestarikan Kebaikan

Posted by on Jan 12, 2016 in News | 0 comments

Belum hilang sepenuhnya lelah akibat perjalanan tempo hari ke Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, beberapa hari kemudian kami dewan guru SDIT Al-Furqon sudah berada di Villa Amarto, Cisarua untuk melaksanakan Mukhoyyam Qur’an 1437 H / 2015 M. Pada acara yang diikuti oleh 58 orang siswa ini, (termasuk siswa sekolah lain) , SDIT Al-Furqon berinisiatif mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat, dalam hal ini program Tahfizh Al-Qur’an.

Selama tiga hari empat malam, dari tanggal 25 hingga 28 Desember 2015 M / 13 sampai 16 Robiul Awwal 1437 H para siswa diperkuat interaksinya dengan al-Qur’an. Peserta yang dipimpin oleh sebelas orang pembimbing ini menjalani program berupa menghafal Qur’an setiap harinya. Tak lupa, demi memperkuat kondisi fisik maka para peserta juga diajak mengikuti olahraga renang dan tafakkur alam. Yang membedakan program Tahfizh di Mukhoyyam Qur’an ini dengan di sekolah adalah metodenya yang lebih intensif. Di sini, siswa diberikan waktu lima menit untuk menghafal, untuk kemudian menyetorkan hafalannya pada pembimbing masing-masing.
Pada sepertiga malam terakhir, siswa pun disemai kebiasaannya menunaikan Qiyamul Lail, agar ayat-ayat Qur’an yang sudah dihafalkan semakin meresap ke sanubari siswa. Disambung dengan shalat subuh berjama’ah dan dzikir al-Ma’tsurat, semoga bisa menjadi amalan harian siswa kelak selepas acara ini, bahkan selepas lulus dari SDIT Al-Furqon. Semoga kita semua tercatat sebagai orang-orang yang menghidupkan sunnah Nabi saw.

qurancamp-renang_akhwat qurancamp_renang1 qurancamp_pose1 qurancamp_jalanjalan

Alhamdulillah, atas izin Allah, kesungguhan para pembimbing, dan antusiasme yang begitu besar dari para peserta, banyak peserta yang bertambah hafalannya. Di antara mereka yang membuat rekor jumlah hafalan baru adalah ananda Gholib sebanyak 15 halaman, dan Salsha yang bertambah hafalannya satu juz. Semoga dapat menjaga hafalannya, dan hafalan itu menjadi kebaikan di dunia dan akhirat.

qurancamp_setor3 qurancamp_setor2 qurancamp_syuro qurancamp-3guru

Acara Mukhoyyam Qur’an ini dapat berjalan dengan baik,alhamdulillah dengan bantuan berbagai pihak.Terimakasih, jazakumullah ahsanal jaza, kami ucapkan yang pertama, kepada Keluarga Besar Bapak Tri Kuncoro, kakek dari dua orang siswa kami,Farrel dan ananda Fabian selaku pemilik Villa Amarto.Yang kedua, para wali murid yang meluangkan waktu untuk mengantarkan anak-anaknya ke lokasi. Yang ketiga, rekan-rekan dari KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina) yang telah menyumbangkan mushaf al-Qur’an yang dipakai selama acara.

Ya Allah, jadikanlah kami ahlul-qur’an…[AF/ap]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *